Smart Branding merupakan dimensi pembangunan Smart City yang fokus dalam meningkatkan daya saing Kabupaten Tapin dan memasarkan potensi kota dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. Pemasaran potensi Kabupaten Tapin ini diharapkan dapat mendorong aktivitas perekonomian dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Smart Branding terdiri dari tiga sub pilar berikut:
1. Tourism, yaitu membangun ekosistem pariwisata.
2. Business, yaitu membangun daya saing bisnis (industri kreatif).
3. Appearance, yaitu penataan wajah daerah.
Smart Branding menjadi salah satu dimensi dalam Smart City karena di dalam era informasi seperti saat ini, sebuah kota tidak lagi harus mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dengan hanya memanfaatkan potensi lokal-nya, tetapi harus juga mampu menarik partisipasi masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah, serta pelaku bisnis dan investor untuk ikut mendorong percepatan pembangunan daerahnya. Sasaran smart branding Kabupaten Tapin memfokuskan pada pengembangan kegiatan pariwisata, kemudahan pelaksanaan bisnis dan wajah kota sehingga mampu meningkatkan daya saing daerah.